10 Tempat Wisata di Klaten yang Menarik untuk Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Klaten yang Menarik untuk Dikunjungi - Klaten merupakan nama dari sebuah kabupaten yang ada di Propinsi Jawa Tengah yang letaknya berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogykarta yakni wilayah Kabupaten Gunungkidul dan Sleman. Seperti  yang ada di Kabupaten Sleman, di Klaten juga ada banyak sekali peninggalan sejarah berupa candi-candi kuno yang menjadi salah satu daya tarik wisata kabupaten ini. Tapi tidak hanya wisata candi saja, Kabupaten Klaten juga mempunyai beberapa tempat wisata lain yang tidak kalah menarik dan wajib untuk anda kunjungi. Berikut rangkuman 10 tempat wisata menarik di Klaten.

1. Candi Prambanan
Candi Prambanan
Candi Prambanan
Selama ini mungkin yang anda tahu adalah lokasi Candi Prambanan ini berada di Jogja. Lebih tepatnya, sebenarnya lokasi candi ini berada di perbatasan antara kabupaten Klaten serta kabupaten Sleman, DIY. Jadi, memang tidak salah jika menyebut lokasi candi ini berada di propinsi DIY ataupun demikian dengan kabupaten Klaten

Tentang Candi Prambanan sendiri mungkin sudah banyak yang mengetahui karena candi ini merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia. Ya, candi ini juga merupakan candi Hindu terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara dan dibangun pada tahun 850 Masehi serta merupakan salah satu peninggalan sejarah di Indonesia yang termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Umbul Ponggok
Umbul Ponggok
Umbul Ponggok
Umbul Ponggok berupa kolam pemandian terbesar di Klaten yang berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Memang jika dari luar kolam ini terlihat seperti kolam renang pada umumnya, akan tetapi jika anda sudah masuk kedalam kolamnya maka anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat berbeda dari kolam renang umumnya. Umbul Ponggok memiliki air yang sangat jernih dengan disertai pemandangan bawah kolam yang bagaikan di dasar laut lengkap dengan bebatuan dan juga ikan hias yang berwarna-warni.

3. Candi Plaosan
Candi Plaosan
Candi Plaosan
Candi Plaosan ini merupakan candi Buddha yang berlokasi di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kab. Klaten. Berjarak sekitar 2 km dari kompleks Candi Prambanan. Di Candi Plaosan terdiri dari dua kompleks candi yang terpisah oleh jalan desa. Candi tersebut yaitu Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor.

4. Museum Gula Gondang Winangoen
Museum Gula Gondang Winangoen
Museum Gula Gondang Winangoen
Museum Gondang Winangoen merupakan atu-satunya museum pabrik gula yang ada di Asia Tenggara. Letak museum ini di Jalan Raya Jogja - Solo tepatnya di Desa Gondang Baru, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Museum Gondang Winangoen memiliki bangunan bergaya arsitektur klasik dan Eropa. Di museum ini anda bisa melihat berbagai koleksi peralatan tradisional untuk menanam bibit tebu dan juga cara pemeliharaannya.

5. Mata Air Cokro Tulung
Mata Air Cokro Tulung
Mata Air Cokro Tulung
Mata air atau Umbul Cokro Tulung merupakan sebuah tempat pemandian alami yang telah dikembangkan sejak tahun 2008. Pemandian ini memiliki pemandangan serta udara yang begitu sejuk sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

6. Rawa Jombor
Rawa Jombor
Rawa Jombor
Rowo Jombor merupakan sebuah rawa atau danau buatan yang berada di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kab. Klaten. Danau ini adalah tempat budidaya ikan yang dilakukan oleh penduduk sekitar yang dikelilingi oleh perbukitan hijau yang indah. Selain itu ditempat ini akan dapat menjumpai banyak sekali warung apung yang mengapung diatas air.

7. Candi Sewu
Candi Sewu
Candi Sewu
Candi Sewu adalah candi Buddha yang berada di satu kompleks dengan Candi Prambanan yang dibangun sekitar abad ke-8 yakni pada akhir masa pemerintahan Rakai Panangkaran yang berhubungan erat dengan kisah legenda Roro Jonggrang. Nama asli dari candi ini adalah Prasada Vajrasana Manjusrigrha. Pada masa itu, Candi Sewu ini merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur.

8. Candi Sojiwan
Candi Sojiwan merupakan sebuah candi Hindu yang berlokasi di Desa Kebon Dalem Kidul, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi Sojiwan ini dibangun hampir bersamaan dengan Candi Plaosan yakni sekitar tahun 842-850 Masehi. Candi Sojiwan memiliki bentuk yang tinggi seperti Candi Prambanan tetapi ada stupa diatasnya yang menandakan bahwa candi ini adalah Candi Buddha.

9. Deles Indah
Menyusuri kaki Gunung Merapi sebelah timur. Tepatnya di desa Sidorejo, kecamatan Kemalang. terdapat sebuah objek wisata dengan suasana alam pegunungan yang indah. Tempat tersebut adalah Deles Indah. Di wisata Deles Indah, anda dapat melihat pemandangan puncak Gunung Merapi.

Tak hanya bisa menikmati suasana alam pegunungan dengan pemandangan hijaunya saja. Disana juga terdapat beberapa peninggalan sejarah yang bisa anda temukan seperti Bekas pasanggrahan Pakubuwana X, Makam Kyai Mlayopati, Sendang Kali Reno dan Gua Sapuangin.

10. Kawasan Janti
Janti adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Polanharjo, Klaten. Desa ini terkenal dengan tempat pemancingannya. Lokasi dari desa Janti ini tidak berada jauh dari Umbul Ponggok. Ketika memasuki desa Janti, anda akan menjumpai banyak pemancingan yang biasanya menjadi satu dengan resto. Terlebih saat hari libur kawasan Janti ini akan banyak dikunjungi oleh masyarakat Solo dan sekitarnya, Jogja bahkan dari Semarang. Areal persawahan yang luas juga membuat kawasan ini terasa menenangkan.

Selain itu, di kawasan ini jugaada sebuah umbul yakitu Umbul Nilo. Dari segi ukurannya memang tidak terlalu besar tapi sudah cukup untuk menyegarkan diri.
10 Tempat Wisata di Klaten yang Menarik untuk Dikunjungi | Eka Putra | 5