10 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Paling Populer

10 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Paling Populer - Jawa Tengah merupakan provinsi yang berada di bagian tengah Pulau Jawa. Ya, karena lokasinya yang terletak di tengah, provinsi ini biasa digunakan sebagai tempat persinggahan bagi orang yang melakukan perjalanan dari provinsi Jawa Barat menuju Jawa Timur. Provinsi yang merupakan pusat kebudayaan Jawa ini juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Nah, apa saja tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi?

1. Dataran Tinggi Dieng
Berjaraksekitar 30 Kilometer dari Wonosobo, Dataran Tinggi Dieng merupakan kawasan gunung berapi berkuran raksasa yang memiliki beberapa kawah dan candi-candi bercorak Hindu kuno. Karena lokasinya berada pada ketinggian 2,000 meter, maka Dataran Tinggi Dieng memiliki suhu yang sangat dingin. Di waktu siang hari, suhu udara bisa mencapai 15 derajat Celsius dan malam hari 10 derajat Celsius. Dataran Tinggi Dieng dikelola bersama sebagai tempat wisata di Jawa Tengah oleh Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

2. Taman Wisata Air Panas Guci
Taman Wisata Air Panas Guci terletak di Tegal, provinsi Jawa Tengah. Untuk bisa sampai di lokasi Taman Wisata Air Panas Guci ini, Anda harus melakukan perjalanan menuju ke arah selatan dalam jarak tempuh sekitar 40 kilometer dari kota Tegal, atau sekitar 30 kilometer dari Slawi. Sama halnya tempat wisata air panas alami yang ada di daerah lain, air panas di Taman Wisata Air Panas Guci yang berada di kaki Gunung Slamet ini juga diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adapun fasilitas wisata yang tersedia di kawasan wisata seluas 210 hektar ini diantaranya kolam renang air panas, penginapan, wisata hutan, perkemahan, lapangan sepak bola dan lapangan tenis.

3. Kepulauan Karimunjawa
Kepulauan Karimunjawa berada di utara kota Jepara dan kota Semarang. Kepulauan Karimunjawa ini terdiri dari 27 pulau, yang dimana hanya 5 pulau saja yang memiliki penghuni. Kepulauan Karimunjawa merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Tengah paling terkenal karena keindahan laut dan pantainya. Selain bisa menikmati wisata pantai, Anda juga bisa bermain dengan penyu dan hiu yang ada di Kepulauan Karimunjawa. Untuk bisa berkunjung ke kawasan wisata ini, ada baiknya Anda memperhatikan jadwal kapal dengan baik, jadi jangan sampai ketinggalan!

4. Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan tempat wisata di Jawa Tengah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Ya, Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia sehingga banyak mengundang minat para wisatawan yang tertarik dengan wisata budaya dan wisata religi. Candi Borobudur berada sekitar 40 kilometer di sebelah barat laut kota Yogyakarta, Candi Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap di dunia. Selain itu, Candi Borobudur juga merupakan model mini dari alam semesta dan dibangun pada tahun 770 Masehi sebagai tempat untuk beribadah dan memuliakan Buddha.

5. Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa berada di pusat kota Ambarawa, jaraknya sekitar 20 kilometer dari Semarang. Museum Kereta Api Ambarawa dahulunya adalah sebuah stasiun kereta api yang berjaya pada masa lalu dan sekarang sudah beralih fungsi menjadi sebuah museum. Museum Kereta Api Ambarawa memiliki berbagai koleksi kereta api yang unik dan lengkap di antaranya adalah 21 kereta uap, telepon antik, alat telegraf morse, perabotan antik dan juga bel antik. Adapun koleksi kebanggaan milik Museum Kereta Api Ambarawa yakni kereta uap bergerigi yang hanya ada tiga di seluruh dunia.

6. Pantai Marina
Pantai Marina yang dimaksud disini bukanlah Pantai Marina yang ada di Batam, tapi Pantai Marina yang ada di Semarang. Pantai Marina ini adalah salah satu tempat wisata di jawa Tengah yang paling banyak didatangi oleh wisatawan lokal karena hanya jaraknya hanya beberapa ratus meter saja dari Bandara Internasional Semarang, yakni Bandara Ahmad yani. Di lokasi Pantai Marina Anda bisa bermain perahu, berenang, memancing, balapan mobil mainan hingga jalan-jalan menyusuri kebun buah naga.

7. Puri Maerokoco
Apa itu Puri Maerokoco? Jika belum tahu, Puri Maerokoco adalah taman mini versi Jawa Tengah yang terletak di Semarang. Saat ini Puri Maerokoco sudah menjadi sebuah obyek wisata yang memiliki nilai-nilai edukasi dan budaya, sehingga tak heran banyak orang tua yang membawa anaknya ke tempat ini. Selain itu, Puri Maerokoco juga sering disebut sebagai cara mudah untuk berkeliling Jawa Tengah karena menampilkan beragam rumah adat dari seluruh penjuru Jawa Tengah. Tak hanya rumah adat, Puri Maerokoco juga memiliki fasilitas wisata yang berupa kolam pemancingan, pasar apung, sepeda air, kereta, bianglala, perahu, dan lain-lainnya. Puri Maerokoco buka dari pukul 8 pagi sampai pukul 6 sore dengan harga tiket masuknya seharga Rp 10 ribu.

8. Desa Wisata Tlogoweru
Desa Wisata Tlogoweru terletak di Demak, Jawa Tengah. Lalu, apa yang istimewa dari desa ini sehingga menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jawa Tengah? Penasaran? Desa Wisata Tlogoweru ini terkenal dengan burung hantunya yang jumlahnya sangat banyak. Dahulunya burung hantu ini dikembangkan untuk mengurangi dan memberantas hama tikus yang banyak merusak tanaman jagung. Tak hanya mengendalikan hama tikus, rupanya burung hantu ini juga mengubah kawasan ini menjadi sebuah kawasan wisata yang penuh akan inovasi dan terbilang unik. Selain bisa melihat ratusan burung hantu terbang secara bebas, Anda juga bisa melihat bagaimana cara merawat burung hantu ini. Desa Wisata Tlogoweru juga memiliki peraturan yang unik salah satunya adalah dilarang menembak burung, apabila melanggar maka Anda akan didenda sebesar Rp 2,500,000.

9. Pantai Kartini
Pantai Kartini merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Jepara, Jawa Tengah. Pantai yang luas lebih dari 3 hektar ini juga merupakan tempat untuk transit dan penghubung bagi mereka yang ingin pergi berwisata ke Kepulauan Karimunjawa. Tak hanya itu, Pantai ini juga sering disebut sebagai pantai permandian karena pantai ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Di Pantai Kartiniini Anda bisa menjumpai beberapa jenis wahana di antaranya seperti panggung hiburan, kebun binatang, area bermain anak-anak, penyewaan perahu, dan lain-lainnya.

10. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah terletak di kota Semarang. Ya, Masjid yang mulai dibangun tahun 2001 ini diresmikan pada tahun 2006 dan sekaligus merupakan masjid terbesar dan termegah yang ada di provinsi Jawa Tengah. Bangunan masjid ini sendiri merupakan gabungan dari arsitektur Islam, Jawa, dan Romawi. Masjid Agung Jawa Tengah juga memiliki fasilitas yang tersedia di antaranya Al Quran raksasa, museum, studio radio, payung elektrik, dan lain-lainnya.
10 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Paling Populer | Eka Putra | 5