7 Daftar Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

7 Daftar Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi - Pesona tempat wisata Garut terdapat pada keindahan alamnya yang mempesona. Garut sudah dikenal sejak lama memiliki destinasi wisata yang populer diantaranya seperti  Pemandian Air Panas Cipanas, Gunung Papandayan, hingga dengan Situ Bagendit. Jika dari kota Bandung, Anda bisa sampai di Garut dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 60 km.

Selain tempat wisata yang populer, Garut juga terkenal dengan oleh-oleh khas yaitu dodol Garut. Tak hanya itu, Garut juga mempunyai nama besar dalam dunia kerajinan kulit. Berbagai produk pakaian dari kulit, seperti jaket dan sarung tangan banyak diakui kualitasnya sebagai salah satu produk yang terbaik dari wilayah Jawa Barat.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di Garut, mulai dari mengunjungi sejumlah tempat-tempat wisata  di Garut, menjelajahi kuliner Garut, hingga dengan berbelanja aneka produk kerajinan kulit seperti jaket, sepatu dan lain-lainnya. Karena lokasinya yang terletak di selatan Jawa Barat, maka Garut juga mempunyai objek wisata pantai dengan panorama laut yang memikat. Salah satu pantainya yang menarik adalah Pantai Santolo, terletak kurang lebih 3.5 jam dari pusat kota Garut.

Berikut sejumlah tempat wisata di Garut yang wajib dikunjungi. Sebagian besar destinasi wisata Garut ini adalah objek wisata alam yang menawan.

1. Gunung Papandayan
Gunung Papandayan merupakan gunung api dengan ketinggian 2.622 meter dpl dan mempunyai kawah aktif. Gunung ini punya pesona yang terdapat panorama alamnya yang begitu indah, kawah gunung, tempat kemah yang menarik serta lokasinya yang berada dalam kawasan Taman Wisata Alam.

Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan disini antara lain fotografi, trekking, hiking hingga dengan rekreasi hutan. Tentu kegiatan ini akan sangat cocok bagi Anda yang menyukai perjalanan wisata alam menembus hutan.

Lokasi Gunung Papandayan ini terletak di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi yang masuk dalam Kecamatan Cisurupan, Garut. Berjarak sekitar 24 km jika dari pusat kota Garut. Tak hanya itu, di kawasan Taman Wisata Alam ini, akan ada sebuah cagar alam yang dikhususkan untuk kepentingan penelitian flora dan fauna.

2. Situ Bagendit
Situ Bagendit merupakan danau yang dikelilingi dengan persawahan dan perkampungan yang berlatar panorama alam pegunungan. Di sini Anda bisa melakukan banyak kegiatan seperti jet ski, bersepeda air, menaiki rakit bambu, memancing, dan canoe. Panorama alam di sini sangatlah indah, menarik yang selalu menjadi daya tarik utama di Situ Bagendit, Tak heran wisata Garut ini populer sebagai wisata keluarga yang menarik.

Fasilitas publik yang lengkap di kawasan wisata akan semakin menunjang perjalanan wisata Anda selama berada di Situ Bagendit. Bila dari pusat kota Garut, waktu yang dibutuhkan untuk bisa tiba di Situ Bagendit sekitar 30 menit dengan jarak tempuh perjalanan sejauh 13 km.

3. Air Panas Cipanas Garut
Pemandian Air Panas Cipanas Garut merupakan salah satu kawasan wisata yang cukup populer. Tempat wisata yang satu ini selalu ramai akan pengunjung. Berlokasi tak jauh dari pusat kota Garut, berjarak lebih kurang 6 km, yang bisa di tempuh hanya dengan waktu 15 menit. Di sini Anda bisa menemukan banyak hotel, bungalow, dan penginapan.

Air panas di Cipanas mengandung banyak mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, dengan suhu berkisar 37- 46 derajat celcius. selain itu air panas ini juga memiliki khasiat penyembuhan. Berendam di pemandian air panas ini, Anda bisa berelaksasi, mengendurkan otot yang kaku, serta mengembalikan kebugaran tubuh. Tak hanya itu, Anda juga bisa mencoba melakukan hiking dan Paralayang di gunung Guntur.

4. Kawah Putih Talaga Bodas
Jika Anda ingin datang ke tempat wisata di Garut yang sarat akan keindahan alamnya, maka pergi saja ke Kawah Putih Talaga Bodas. Talaga Bodas memiliki arti danau putih.

Di salah satu tempat wisata Garut yang menarik ini, Anda akan merasakan hawa udara pegunungan yang menyegarkan dan melihat bukit hijau yang mempesona. Umumnya, keindahan wisata disini tidak jauh berbeda dengan apa yang bisa ditemui di Kawah Putih Ciwidey.

Ada beberapa kegiatan menarik yang biasa dilakukan selain menikmati panorama alam yaitu berendam air panas, karena di tempat wisata ini tersedia sejumlah bak rendam air panas yang bisa Anda nikmati. Kadar belerang yang tinggi yang terkandung di dalam air panas ini dipercaya bisa mengobati sejumlah penyakit seperti reumatik dan memperlancar peredaran darah. Ya, Kawah Putih Talaga Bodas ini adalah juga sebuah destinasi wisata untuk piknik yang menarik di daerah Garut.

5. Candi Cangkuang
Inilah bangunan candi Hindu yang ada di Garut, candi ini sudah berdiri sejak jaman kerajaan Sunda pertama yakni Kerajaan Galuh. Lokasi Candi Cangkuang terletak di Desa Cangkuang Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat.

Wisata Candi Cangkuang merupakan sebuah cagar budaya yang hingga kini masih tetap terpelihara. Asal mula nama Candi Cangkuang ini berasal dari nama sebuah desa yaitu Desa Cangkuang. Nama Desa Cangkuang itu sendiri diambil dari nama sebuah pohon yang bernama Pohon Cangkuang (Pandanus Furcatus). Pohon ini banyak ditemui di sekitar Makam Embah Dalem Arif Muhammad.

6. Arung Jeram Sungai Cimanuk
Bagi Anda pecinta kegiatan arung jeram atau rafting, Sungai Cimanuk adalah salah satu tempat wisata di Garut yang sangat direkomendasikan.

Dilihat dari karakteristik sungai Cimanuk di Garut ini lokasinya sangatlah ideal untuk kegiatan rafting. Jeram-jeram cadas beraliran air yang deras bisa membuat adrenalin Anda bekerja lebih cepat, dan semakin menambah daya tarik arung jeram yang seru dan menantang. Selain di Garut, tempat rafting yag menarik juga bisa Anda temukan di salah satu tempat wisata di Sukabumi.

Panorama alam yang ada di kawasan Sungai Cimanuk merupakan satu yang menarik bersama dengan kegiatan arung jeramnya. Anda bisamenyaksikan tebing-tebing berdiri indah, air terjun, hingga melalui kawasan hutan bambu yang lebat.

7. Pantai Santolo
Pantai Santolo ini menyuguhkan keindahan wisata pantai yang menarik. Lokasi Pantai Santolo ini terletak di daerah Pameungpeuk, Garut. Disini, Anda akan melihat pasir pantai yang putih, karang dan perahu nelayan yang semakin memberi panorama yang indah.

Pantai Santolo berada sekitar 88 km jika dari pusat kota Garut, Anda akan memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 3.5 jam untuk bisa tiba di pantai yang indah ini.

Di kawasan Pantai Santolo akan ada banyak rumah makan dengan sajian sea food. Tentunya Anda bisa bersantai sambil menyantap hidangan laut disana. Tak perlu khawatir tidak mendapat penginapan, karena tersedia banyak penginapan murah di kawasan Pantai Santolo tersebut.
7 Daftar Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi | Eka Putra | 5