6 Tempat Wisata di Magelang yang Paling Banyak Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Magelang yang Paling Banyak Dikunjungi - Candi Borobudur adalah tempat wisata di Magelang yang paling terkenal, candi ini merupakan sebuah landmark mengagumkan yang telah hadir dari abad ke-9 dan menjadi situs warisan dunia yang sangat berharga. Wilayah Magelang yang kebanyakanla dikelilingi oleh gunung-gunung mampu menghadirkan pesona alam yang memikat dari beberapa tempat wisata menarik yang ada di Magelang.

Sebut saja misalnya seperti Taman Kyai Langgeng yang berada di Jl. Cempaka, objek wisata Magelang yang satu ini adalah salah satu tujuan wisata favorit selain itu juga ada Alun-Alun Kota Magelang sebagai ruang publik yang nyaman untuk dikunjungi. Ya, Magelang adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah dengan hawa udaranya yang dingin. Infrastruktur kepariwisataan yang semakin baik serta fasilitas penunjang dan akomodasi publik yang beragam membuat perjalanan wisata Anda di Magelang akan terasa menyenangkan.

Bagi Anda yang sedang dalam perjalanan wisata ke Jogja, maka mengunjungi Magelang adalah salah satu pilihan yang tepat. Memiliki jarak kurang lebih 45 km dari Jogja, perjalanan wisata ke Magelang bisa Anda tempuh dalam waktu yang tidak lama. Setibanya di sana, Anda bisa menikmati berbagai kegiatan wisata menarik di Magelang.

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini ada sejumlah tempat wisata di Magelang yang banyak dikunjungi dan favorit di kalangan penikmat perjalanan.

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan sebuah situs warisan dunia yang sangatlah unik dengan keindahan yang menawan, punya struktur bangunan yang mengagumkan, serta memiliki nilai seni tinggi. Tempat wisata di Magelang satu ini adalah salah satu destinasi wisata Indonesia yang terkenal di dunia internasional dan UNESCO menyatakan sebagai World Heritage Sites. Lokasi Candi Borobudur ini mudah dijangkau, baik itu dengan kendaraan kecil maupun kendaraan besar. Tidak jauh dari lokasi Candi Borobudur terdapat Candi Prambanan di Jogja yang terkenal itu.

Relief, ukiran dan patung yang ada pada Candi Borobudur menceritakan mengenai kisah dan sejarah yang menyangkut kepercayaan religius pada masa tersebut. Tentu sebagai sebuah bangunan yang besar, Candi Borobudur menjadi hal yang sangat mengagumkan di mata para wisatawan. Sebuah karya budaya manusia di masa lampau yang bahkan belum mengenal teknologi modern, namun berdiri dengan megah dan kokoh hingga sekarang ini.

Tempat wisata Magelang ini juga maerupakan candi Buddha terbesar pada abad ke-9. Di dalam kompleksnya, Candi Borobudur mempunyai 1460 relief dan 504 stupa Budha. Candi ini dibangun oleh Raja Samaratungga yakni salah satu raja dari kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Untuk bisa masuk, akan dikenakan biaya tiket masuk Candi Borobudur yaitu sebesar Rp 30.000 Rupiah per orang (dewasa), anak-anak sebesar 12.500 Rupiah per orang. Sedangkan untuk tiket masuk turis mancanegara adalah sebesar USD 20 ( orang dewasa) dan USD 10 (untuk anak-anak).

2. Ketep Pass
Berlokasi di Desa Ketep, Kec. Sawangan dan terdapat di jalur Solo Selo Borobudur (SSB), Ketep Pass INI adalah sebuah tempat wisata di Magelang yang banyak disukai wisatawan. Di objek wisata Magelang ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan gunung dan bukit yang sangat indah dan tidak kalah pula pemandangan hamparan sawah yang menarik.

Dari Ketep Pass, Anda bahkan bisa secara langsung melihat luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass mempunyai sejumlah fasilitas penunjang wisata yang menarik, di antaranya seperti Teropong, Gardu Pandang, Bioskop Mini, Museum Vulkanologi dan Pelataran Panca Arga. Ada spot paling populer di kalangan wisatawan yaitu Gardu Pandang. disitu terdapat 2 buah teropong, masing-masing berada di Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga. namun Anda harus membayar 3.000 Rupiah untuk bisa menggunakannya. Bila Anda ingin masuk dan BISA menikmati museum atau bioskop yang terdapat di wisata Ketep Pass, maka harus membayar uang 7.000 Rupiah per orang.

Jika dari Pelataran Panca Arga, Anda bisa menyaksikan lima gunung secara sekaligus, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Slamet dan Sumbing. Untuk memasuki pelataran Panca Arga, Anda harus membayar tiket masuk Ketep Pass di Magelang ini seharga 7.500 Rupiah  per orang. Tiket ini belum termasuk tarif parkir apabila Anda membawa kendaraan sendiri.

3. Air Terjun Kedung Kayang
Air Terjun Kedung Kayang adalah salah satu tempat wisata di Magelang yang jaraknya sekitar 3 km dari Gardu Pandang Ketep Pass. Berada di antara gunung Merapi dan gunung Merbabu, air terjun ini memiliki ketinggian yang mencapai 40 meter, memiliki aliran air yang deras dan air yang cukup dingin.

Anda bisa masuk ke kawasan Air Terjun Kedung Kayang dengan membayar tiket masuk ke Air Terjun Kedung Kayang yaitu 2.500 Rupiah per orang. Dari tempat parkir kendaraan, selanjutnya Anda tinggal berjalan kaki untuk bisa tiba di lokasi objek wisata Magelang yang satu ini. Setelah berjalan setapak melewati turunan dan menyusuri sungai selama kurang lebih 25 menit, Anda akan sampai di air terjun yang menawan ini. Pemandangan bukit hijau dan sungai yang alami dengan air jernih terasa sangat menyenangkan, tidak lupa juga untuk bermain air di bawah air terjun.

4. Alun-Alun Kota Magelang
Ini dia landmark Magelang yang menjadi kebanggaan masyarakat Magelang. Adanya Patung Pangeran Diponegoro yang sedang menaiki kuda dengan gagah perkasa seolah-olah menyambut kedatangan Anda ke tempat wisata di Magelang tersebut. Ya, Alun-Alun Kota Magelang merupakan sebuah kawasan yang populer, sangat cocok dijadikan tempat menikmati kuliner Magelang hingga mencoba wisata belanja yang ada di sekitar kawasan alun-alun Magelang. Anda bisa membeli beberapa oleh-oleh khas Magelang dari sejumlah tempat perbelanjaan yang ada di sana.

Di Alun-alun ini, Anda bisa bersantai dengan nyaman, berfoto selfie dengan sejumlah latar yang menarik di sana, menjajal kuliner lokal, hingga dengan berbelanja. Pemerintah Kota Magelang sudah mempersiapkan alun-alun ini sebagai ruang untuk umum yang menarik.

5. Taman Kyai Langgeng
Taman yag memiliki luas 28 hektar ini merupakan sebuah tempat wisata di Magelang dengan menyediakan beraneka koleksi tanaman yang langka, patung-patung dinosaurus dalam ukuran aslinya, prototipe pesawat terbang, sampai dengan berbagai fasilitas permainan. Pepohonan hijau dengan udara yang segar membuat taman ini disukai banyak wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata keluarga di Magelang.

Berada sekitar 1 km dari arah selatan pusat kota Magelang, Taman Kyai Langgeng ini juga tempat untuk bermain anak di Magelang dengan wahan permainan seperti kolam renang, jetcoster dan lain-lainnya. Tak hanya itu, objek wisata di Magelang yang satu ini juga disukai oleh kalangan anak muda dan dewasa karena disini tersedia berbagai suguhan menarik, seperti menonton atraksi kesenian dan daerah serta musik. Selain tersedia tempat makan untuk menyantap sosis panggang dan burger, di Taman Kyai Langgeng ini juga terdapat perpustakaan. Lokasinya tepat di sebelah taman, ada fasilitas Arung Jeram Progo Asri.

6. Rafting di Sungai Progo Atas
Ini dia kegiatan arung jeram di Magelang yang sangat menarik. Sungai Progo Atas berlokasi di Perumahan Griya Tok Songo, Magelang. Sungai Progo atas mempunyai aliran sepanjang 12 km, Lama waktu saat melakukan arung jeram di sungai ini sekitar 2,5 sampai 3 jam.

Arung jeram sungai Progo dibagi menjadi beberapa rute yakni arung jeram Sungai Progo Bawah, arung jeram sungai Progo Atas dan arung jeram sungai Progo Hulu. Sungai Progo Hulu dan sungai Progo Atas lokasinya berada di wilayah Magelang, sedenagkan Sungai Progo Bawah ada di kabupaten Kulon Progo, Yogjakarta. Bagi Anda yang suka tantangan air, Anda bisa mencoba Sungai Progo ini dan menaklukkannya.
6 Tempat Wisata di Magelang yang Paling Banyak Dikunjungi | Eka Putra | 5