10 Daftar Tempat Wisata di Lembang Bandung Paling Menarik

10 Daftar Tempat Wisata di Lembang Bandung Paling Menarik - Lembang adalah salah satu tujuan wisata di daerah Bandung yang paling populer. Ya, daerah wisata yang mempunyai udara dingin ini kini menjadi pilihan utama warga Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur di waktu akhir pekan, sehingga bukan suatu hal aneh apabila pada akhir pekan jalanan menuju wisata Lembang dipadati oleh kendaraan bernomor polisi B yang merupakan kendaraan dari Jakarta.

Lantas, apa yang membuat Lembang ini begitu populer? Tentu saja ada pada tempat wisatanya yang menarik dan cocok untuk wisata keluarga adalah faktor utama dibalik kepopuleran wisata Lembang sebagai objek wisata. Nah, apa saja tempat wisata di Lembang yang paling menarik?

1. Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Perahu adalah tempat wisata di Lembang yang paling populer. Hampir keseluruhan orang yang pergi ke Lembang punya tujuan untuk mengunjungi gunung yang berbentuk seperti perahu terbalik ini. Jka Anda ingin ke Gunung Tangkuban Perahu, tempat wisata ini berlokasi sekitar 20 km dari utara kota Bandung. Memiliki tinggi lebih dari 2,000 meter di atas permukaan laut, tentunya suhu udara di kawasan Gunung Tangkuban Perahu sangat dingin, jadi jangan lupa untuk membawa jaket.

2. De Ranch
De Ranch adalah tempat wisata keluarga yang berada di Lembang. Hal unik yang terdapat di tempat wisata ini adalah memiliki suasana dengan nuansa ala koboi. Tak hanya itu, di De Ranch Lembang anda juga bisa bermain berbagai jenis permainan yang menyenangkan bersama anak, dan juga bisa menunggang kuda, baik itu di dalam lahan De Ranch, maupun di luar lahan. Lokasi De Ranch ini juga seringkali dijadikan tempat acara kegiatan perusahaan karena area lahannya yang luas.

3. Maribaya
Terletak sekitar 22 km dari kota Bandung, Maribaya adalah salah satu tempat wisata di Lembang yang punya sumber mata air panas, air terjun dan juga taman. Maribaya terkenal dengan wisata alam dan wisata air panas belerangnya. Maka dari itu, tidak heran kalau tempat ini dipadati oleh banyak pengunjung pada akhir pekan. Ada kegiatan favorit yang biasa dilakukan di Maribaya yakni berendam air panas dan trekking.

4. Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha adalah tempat yang menarik karena tempat seperti ini jarang ada di Indonesia. Observatorium Bosscha adalah sebuah tempat untuk pengamatan bintang satu-satunya yang ada di Lembang. Tempat ini sering mendapat kunjungan oleh sekolah dan universitas karena mengandung unsur pendidikan yang cukup berguna. Jika Anda ingin berkunjung ke Observatorium Bosscha ini, Anda harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu jadi Anda tidak bisa langsung datang begitu saja. Hal yang perlu diingat bahwa tidak setiap hari Anda bisa melihat bintang melalui teropong di Observatorium Bosscha.

5. Sapu Lidi
Apakah Anda pernah mendengar yang namanya Sapu Lidi? Sapu lidi yang dimaksud ini bukan alat kebersihan, namun sebuah tempat unik di Lembang. Suasana alam asri pedesaan membuat Sapu Lidi berhasil menarik banyak pengunjung. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan di wisata Sapu Lidi? Di sini Anda bisa menikmati suasana tenang bernuansa pedesaan yang banyak dikelilingi sawah, Anda pun juga bisa bermain menaiki perahu tradisional di danau yang terdapat di sini. Tak hanya itu, wisata alamnya, wisata kuliner di restoran ini juga tidak kalah menarik karena Anda bisa menyantap makanan enak sembari menikmati suasana yang jauh berbeda dengan suasana perkotaan. Jika ingin menginap, Sapu Lidi juga menyediakan fasilitas penginapan, tetapi harganya cukup mahal.

6. Air Panas Ciater
Air Panas Ciater adalah tempat wisata di Lembang yang juga banyak dikunjungi. Seperti namanya, tempat ini menawarkan air panas. Tetapi, air panas ini bukanlah air panas biasa, tetapi air panas alami yang berasal dari kawah Gunung Tangkuban Perahu. Air Panas Ciater ini banyak diminati untuk kegiatan berendam karena adanya kandungan berbagai jenis mineral alami yang diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ada juga yang berkata bahwa Air Panas Ciater bisa membuat lebih cantik dan tampan. Jangan heran bila akhir pekan tempat wisata di Lembang yang satu dipadati banyak pengunjung.

7. Kampung Daun
Anda gemar dengan wisata kuliner? Jika iya, jangan lupa mampir ke Kampung Daun. Di tempat ini memiliki suasana pedesaan khas Sunda dengan adanya air terjun. Ketika menjelang malam hari, suasana Kampung Daun kian menjadi romantis, tentu sangat cocok untuk pasangan muda. Anda dapat menjajal menu-menu makanan yang ada di Kampung Daun ini mencakup makanan Indonesia, hingga dengan makanan khas barat.

8. Floating Market
Floating Market adalah tempat wisata unik lainnya yang terdapat di Lembang. Seperti halnya di Kalimantan, di wisata Floating Market ini, Anda akan menjumpai pasar yang di mana para penjualnya berada di atas sebuah perahu yang terapung di atas air. Tapi, karena Floating Market Lembang ini adalah tempat wisata, yang dijual disini bukanlah barang-barang pasar umumnya, melainkan menjual makanan lezat khas Bandung, tentunya tempat ini sangat cocok untuk para pecinta wisata kuliner.

9. Kampung Gajah
Berlokasi di bagian utara kota Bandung, Kampung Gajah menawarkan sebuah tempat wisata terpadu yang unik. Meskipun namanya adalah Kampung Gajah, di tempat ini Anda tidak akan menemukan banyak gajah. Dengan luas lahan lebih dari 60 hektar, Wisata Kampung Gajah ini memiliki lahan yang luas untuk menampung lebih dari 30 wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Tak hanya itu, di Kampung Gajah juga punya fasilitas restoran dan water boom.

10. Jendela Alam
Jendela Alam adalah alternatif wisata keluarga di Lembang. Terletak di Jalan Sersan Bajuri, Wisata Jendela Alam adalah tempat wisata yang memiliki udara sejuk dan sangat cocok untuk mengenalkan anak Anda dengan binatang dan tumbuhan. Disini anak-anak bisa belajar bagaimana berinteraksi dengan hewan, cara merawat hewan, cara beternak, mempelajari cara berkebun, memetik buah dan sayur, sampai dengan bermain air dan berpetualang. Bagaimana, sangat lengkap bukan. Jendela Alam buka setiap hari mulai dari jam 9 pagi - jam 4 sore ( hari senin sampai jumat), dan jam 8 pagi - 4.30 sore (hari libur dan akhir pekan).
10 Daftar Tempat Wisata di Lembang Bandung Paling Menarik | Eka Putra | 5