10 Tempat Wisata di Semarang yang Populer 2015

10 Tempat Wisata di Semarang yang Populer 2015 - Tempat wisata di Semarang merupakan salah satu destinasi favorit yang banyak disukai kalangan penikmat perjalanan ketika melakukan kunjungan ke provinsi Jawa Tengah.

Kota Semarang dari masa ke masa merupakan tempat percampuran beraneka ragam etnis dan budaya dari Asia Timur dan Eropa. Tempat wisata Semarang memiliki pesona yang mengagumkan salah satunya adalah harmonisasi budaya Jawa dengan budaya China, Arab dan Belanda yang masih hidup.

Anda bisa menemukan harmoni budaya sedemikian indah ini dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Semarang di antaranya seperti Kota Lama, kawasan Kauman dan Pecinan. Jika berwisata ke Kota Lama, maka disana Anda akan melihat sebuah bangunan bersejarah yang sudah tua. Bangunan ini dahulunya merupakan pusat perdagangan Eropa di Semarang. Landmark di tempat ini adalah sebuah Gereja Blenduk yang merupakan kubah gereja Belanda yang dibangun pada tahun 1753.

Menjelajahi berbagai tempat wisata di Semarang bisa Anda lakukan dengan mudah. Apalagi adanya infrastruktur kepariwisataan kota Semarang yang sudah memadai. Berbagai sarana transportasi seperti angkutan kota, Bus, taksi hingga dengan becak tersedia untuk mengantar Anda menuju objek wisata di Semarang yang menarik.

Pilihan mengendarai kendaraan pribadi atau Anda ingin menyewa mobil di tempat rental mobil untuk mengelilingi kota Semarang juga merupakan hal yang menyenangkan selama berada di sana. Terdapat pula beberapa tempat untuk mencari oleh-oleh khas Semarang yang dapat Anda temui di seputaran Jalan Pandanaran dan Jalan Mataram.

Anda bisa membeli oleh-oleh wingko babat, tahu serasi bandungan, tahu pong dan bandeng presto. Pastinya bisa menjadi pengalaman wisata yang menyenangkan sama halnya jika Anda pernah pergi ke tempat wisata di Jogja atau mengunjungi sejumlah tempat wisata di Solo yang menarik. Nah, berikut ini ada 10 daftar tempat wisata di Semarang yang menarik dan keren untuk dikunjungi.

1. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dengan gaya arsitektur campuran Jawa, Romawi dan Islam. Untuk gaya Romawi dapat terlihat dari adanya bangunan 25 pilar yang terdapat di pelataran masjid. Berhiaskan kaligrafi yang indah bisa dilihat di pilar koloseum Athena bergaya Romawi yang menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul.

Tertulis dua kalimat syahadat di bagian gerbangna yang tertulis huruf Arab Melayu "Sucining Guno Gapuraning Gusti". Lebih menariknya Masjid Agung Semarang ini juga telah dilengkapi dengan wisma penginapan, terdapat 23 kamar dengan kelas yang berbeda-beda. Terdapat pula Menara Al Husna atau Al Husna Tower yang menjadi pesona dari Masjid Agung Jawa Tengah ini.

Tower ini memiliki ketinggian 99 meter. Di lantai ke 18, terdapat kafe Muslim yang bisa berputar 360 derajat. Sedangkan di lantai 19, ada lima buah teropong yang bisa digunakan untuk melihat indahnya kota Semarang dari ketinggian.

2. Masjid Agung Demak
Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid di Indonesia yang paling tua. Dari sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah, Masjid Agung Demak inilah tempat wisata religi paling banyak dikunjungi orang setelah wisata Candi Borobudur.

Menurut keyakinan masyarakat sekitarnya, masjid Agung Demak ini dulunya pernah dijadikan tempat untuk berkumpul para wali yang menyebarkan agama Islam. Tak heran, di tempat ini terdapat beberapa makam raja-raja Kesultanan Demak dan para abdinya di area kompleks Masjid Agung Demak.

Di kompleks ini juga ada Museum Masjid Agung Demak. Di museum ini Anda bisa mendapat dan menemukan banyak hal mengenai riwayat masjid Agung Demak ini. Kesemua hal ini adalah latar belakang mengapa tempat wisata di Semarang yang satu ini selalu ramai dikunjungi.

3. Gereja Katedral Semarang
Gereja "Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari", namun sekarang namanya disebut sebagai gereja Katedral Semarang. bangunan gereja ini memiliki bentuk bangunan kuno. Lokasinya di Jalan Pandanaran Nomor 9 Semarang.

Katedral ini terletak di sebelah sisi tenggara Tugu Muda yakni sebuah kawasan yang di mana Anda juga bisa menjumpai objek wisata Semarang lainnya yaitu Lawang Sewu dan Museum Mandala Bhakti.

4. Museum Ronggowarsito
Museum Ronggowarsito terdapat di sekitar bundaran Kalibanteng (lokasinya tidak jauh dari bandara Ahmad Yani Semarang). Lokasi Museum provinsi Jawa Tengah ini terletak di Jalan Abdulrahman Saleh.

Museum Ranggawarsita mempunyai koleksi sebanyak 59.814 buah. Koleksi ini terdiri dari berbagai macam jaman dan kebudayaan. Bila Anda ingin masuk ke tempat wisata di Semarang yang satu ini, diharuskan membayar harga tiket masuk sebesar 4 ribu Rupiah per orang (dewasa) atau 2 ribu Rupiah (anak-anak). Di museum ini, akan terdapat 4 buah bangunan yang masing-masing bangunan mempunyai koleksi sejarah yang berbeda-beda.

5. Lawang Sewu Semarang
Lawang Sewu merupakan bangunan kuno bekas peninggalan Belanda yang dibangun sejak tahun 1904. Pada waktu dulu, gedung ini dijadikan kantor pusat perusahaan kereta api (trem) Belanda.

Bangunan Lawang Sewu mempunyai pintu yang banyak, jumlah lubang pintu Lawang Sewu ada 429 buah, daun pintu lebih dari 1.200. Maka dari itu, masyarakat Semarang menamakannya dengan Lawang berarti pintu, Sewu berarti seribu. Tempat wisata di Semarang yang unik ini juga merupakan tujuan favorit bagi para pecinta fotografi.

6. Pantai Marina
Pantai Marina merupakan salah satu tempat wisata di Semarang yang juga ramai dikunjungi orang. Untuk bisa memasuki kawasan pantai Marina ini, harus membayar tiket masuknya sebesar 3 ribu Rupiah per orang.

Di Pantai Marina, terdapat banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Diantaranya seperti berenang, bermain balapan mobil mainan atau hanya sekedar duduk bersantai sambil menyaksikan panorama pantai yang indah.

7. Komplek Pecinan Semarang
Di Komplek Pecinan, Anda bisa merasakan suasana khas Tiongkok yang hidup di tengah kota Semarang. Di dalam kompleks ini, akan terdapat banyak klenteng yaitu 11 klenteng besar di Semarang dan 10 diantaranya berada di kawasan Pecinan.

Masing-masing klenteng tersebut memiliki nilai sejarah tersendiri. Terdapatnya komplek Pecinan ini membuat keberadaan wisata kota Semarang kian menjadi semarak.

8. Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong adalah legacy dari Laksamana Cheng Ho yakni seorang penjelajah Islam yang berasal dari Tiongkok, pada abad ke-14 M. Hiasan ornamen Tiongkok pada bangunan Klenteng Sam Poo Kong ini lebih dominan jika dibandingkan dengan ornamen Islam.

Untuk bisa berkeliling ke salah satu objek wisata yang ada di Semarang ini, Anda harus membayar harga tiket masuk Klenteng Sam Poo Kong (Cheng Ho) yaitu sebesar 3 ribu Rupiah per orang atau 15 ribu Rupiah untuk turis mancanegara.

Sebagai saran, ada baiknya Anda tidak lupa membawa topi atau payung ketika berkunjung ke klenteng ini di waktu siang hari, karena panas matahari disana cukup terik.

Tapi Anda tidak akan diperkenankan masuk ke dalam klenteng kecuali Anda tujuannya untuk sembahyang atau mengambil layanan foto berbayar di klenteng ini yang dapat mengabadikan kunjungan Anda di Klenteng Cheng Ho ini, Anda hanya cukup membayar biaya 30 ribu Rupiah. Maka Anda akan diperbolehkan untuk memakai pakaian tradisional khas Tiongkok yang sudah disediakan oleh pengelola Klenteng Sam Poo Kong.

9. Kota Lama Semarang
Kota Lama adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang di mana Anda bisa menemukan rekaman tata bangun wilayah dalam arsitektur Eropa yang ada di tempat ini. Disana, nantinya Anda bisa melihat kanal-kanal air yang masih ada hingga saat ini. Oleh sebab itu, mengapa kawasan Kota Lama mendapatkan julukan "Little Netherland".

Landmark paling menarik yang ada di kawasan ini adalah Gereja Blenduq yaitu sebuah bangunan berusia sekitar 2,5 abad atau bahkan lebih. Kata blenduq ini diambil dari bahasa Jawa, yang artinya kubah, hal ini merujuk pada kubah gereja tersebut.

Bentuk atap yang melengkung dan memiliki warna merah terasa kontras dengan warna putih pada dindingnya. Adanya 4 pilar kokoh dan menara kembar yang ada di bagian depan membentuk ciri khas tersendiri dari bangunan gereja ini.

Gereja Blendug adalah ikon kota Semarang dan merupakan salah satu destinasi favorit wisata Semarang untuk para penikmat sejarah dan pecinta dunia fotografi yang ada di Indonesia. Apabila Anda berada di Jakarta, bisa mengunjungi wisata Kota Tua Jakarta untuk mendapat pengalaman yang tidak kalah menariknya dari Kota Lama Semarang ini.

10. Jalan Pahlawan Semarang
Jalan Pahlawan merupakan salah satu jalan terbesar di daerah Semarang. Di jalan ini, Anda bisa bersantai untuk menyantap beberapa kuliner Semarang yang ada di sana. Jalan ini juga salah satu penghubung untuk bisa menuju Simpang Lima.

Pada waktu malam hari, jalan ini menjadi kawasan wisata baru yang selalu ramai dengan pengunjung, terutama pada waktu akhir pekan. Anda bisa menemukan banyak sekali jajanan di sepanjang Jalan Pahlawan Semarang ini.
10 Tempat Wisata di Semarang yang Populer 2015 | Eka Putra | 5